Cara Mengatasi Malware

Cara Mengatasi Malware
Sabtu, 23 September 2017


Malware berasal dari kata Malicious Software yang berarti perangkat lunak jahat. Malware bisa diartikan sebagai program jahat yang telah dirancang untuk mengganggu atau merusak sebuah sistem. Selain merusak, keberadaan malware juga bisa mengakibatkan peretasan data secara ilegal. Malware terdiri dari virus, worm, trojan horse, rootkit, spyware, adware yang tidak jujur, serta software lain yang berbahaya dan tidak diinginkan oleh pengguna PC.

Terjadinya infeksi oleh malware bukan tanpa sebab. Malware bisa masuk ke sistem komputer melalui beberapa media, seperti email, software yang terinfeksi maupun ketika kamu mendownload sesuatu dari internet.
Lalu, bagaimana bisa malware ikut masuk ke komputer kita ketika sedang download sesuatu?
Malware bisa terbawa masuk saat kamu sedang download software dari secara ilegal atau bukan dari website resmi. Mungkin sebagian besar dari kita lebih memilih download software dari blog orang daripada di website resmi. Seperti yang kita tahu bahwa sebenarnya software yang kita gunakan itu berbayar. Dan harga per software biasanya dibandrol dengan harga jutaan rupiah. Tentu sangat memberatkan jika kita harus mengeluarkan uang banyak hanya untuk sebuah software. Namun keuntungan mendownload di situs resmi, kita akan terhindar dari ancaman software.

Cara Mengatasi Malware

Berikut ini adalah tips cara mengatasi malware yang bisa kamu lakukan sendiri di komputer kamu. Yuk simak tipsnya..
  1. Hapus temporary file
Cara yang pertama ini sangat mudah untuk dilakukan. Biasanya saat kita menggunakan suatu software, maka akan terbentuk banyak temporary file di komputer kita. Semakin banyak temporary file akan mengakibatkan kinerja komputer menjadi lambat dan bisa berpotensi masuknya malware. Untuk menghapus temporary file, kamu bisa menggunakan sofware tambahan yaitu CCleaner yang bisa kamu download di internet.
  1. Reset System Restore
Cara ini bisa kamu lakukan ketika kerusakan yang diakibatkan malware sudah cukup parah. Caranya adalah dengan mengembalikan sistem seperti baru keluar dari pabrik.
  1. Scan Menyeluruh Menggunakan Antivirus
Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan antivirus terbaik. Yup, komputer kamu juga harus memiliki perlindungan yaitu dengan cara menginstal antivirus. Scan secara berkala untuk mendeteksi adanya malware di komputer kamu.
  1. Update Antivirus
Memiliki antivirus saja ternyata belum cukup gaes, kamu juga harus rutin mengupdate antivirus kamu ke versi terbaru agar kinerjanya lebih mutakhir. Fungsi update antivirus ini juga agar komputer kamu mengenali jika ada virus baru yang masuk.
  1. Uninstal Program Tak Dikenal
Cara yang selanjutnya adalah dengan  menghapus program yang tidak dikenal. Biasanya program ini tidak sengaja terinstal ketika kamu mendownload software lain di internet. Jika kamu menemukan software mencurigakan dan merasa tidak pernah menginstalnya, bisa saja itu adalah malware.
  1. Windows Defender
Windows defender adalah program bawaan windows yang bisa kamu gunakan untuk menghapus malware. Cara ini bisa kamu lakukan ketika komputer kamu sudah terlanjur terinfeksi malware dan tidak bisa instal antivirus.
  1. Scan dengan Save Mode
Cara selanjutnya adalah dengan save mode. Pada keadaan ini kinerja komputer akan menjadi minimal karena hanya ada beberapa driver saja yang aktif. Dengan begini status malware juga tidak aktif sehingga akan mudah untuk dihapus.
  1. Scan dengan Live CD
Ketika sudah melakukan scan save mode, mungkin masih ada beberapa malware yang masih aktif sehingga tidak terhapus saat scan save mode. Nah solusinya kamu bisa melakukan scan live cd.
  1. Instal Ulang Komputer
Cara ini adalah cara terakhir ketika semua cara diatas sudah kamu lakukan tapi keadaan komputer kamu sangat parah dan kamu sama sekali tidak bisa menggunakan komputer kamu.
Itulah tadi pengertian malware dan cara mengatasinya. Mungkin ada baiknya kamu melakukan pencegahan sebelum terserang dengan rutin mengupdate antivirus dan scan secara berkala.

Trima Kasih Semoga Bermanfaat;)

0 Response to "Cara Mengatasi Malware"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel